Kemarau, Embung di Rembang Terancam Kering

embung sambonganMusim kemarau mengakibatkan debit air di sejumlah embung di wilayah Kabupaten Rembang mengalami penyusutan. Penyusutan paling parah diantaranya terjadi di Embung Banyukuwung Sudo, Embung Sambongan Jatimudo, masing-masing di Kecamatan Sulang dan Embung Grawan di kecamatan Sumber. Akibat penyusutan tersebut pasokan air bersih dari PDAM yang menggunakan air baku dari ketiga embung tersebut, diprediksi hanya mampu bertahan hingga awal Oktober.

Untuk membantu ketersediaan air bersih bagi masyarakat, Pemkab Rembang sejak Juli hingga akhir September telah melakukan droping air bersih ke sejumlah titik rawan kekeringan yang tersebar di 8 kecamatan yakni; Kecamatan Kaliori, Sumber Sulang, Bulu, Lasem, Sedan, Pamotan dan Gunem. Selain itu Pemkab Rembang juga tengah mengupayakan penambahan jumlah embung dan cekdam sebagai saranan penampungan

“Upaya ini dilakukan karena wilayah Rembang tidak masuk kategori daerah yang tidak dilalui sungai-sungai besar. Sehingga memerlukan penampungan air untuik mengatasi kekeringan,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Rembang, Hamzah Fatoni, Sabtu (27/9).

Hamzah menambahkan, untuk mengantisipasi dan menangani berbagai dampak kekeringan yang timbul, Pemkab telah melakukan rapat koordinasi dengan dinas terkait dengan mengidentifikasi dan menginventarisir beberapa wilayah yang rawan terkena dampak kemarau.

“Tahun 2014, Pemkab telah menganggarkan Rp200 juta untuk dropping air bersih ke sejumlah daerah yang terjadi kekeringan. Selain itu, Badan Koordinasi Lintas (Bakorlin) I Pati mulai awal Oktober akan melakukan dropping air sebanyak 320 tangki,” tambahnya.

Terkait ketersediaan kebutuhan, Hamzah menegaskan, berdasarkan data dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BKP dan P4K) stok pangan diperkirakan cukup untuk 9 bulan kedepan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s