Rembang Butuh 3000 Ha Lahan Tebu Baru

Menyikapi rencana pendirian pabrik gula di Kabupaten Rembang, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang tengah menyiapkan langkah strategis untuk melakukan penambahan luasan lahan tebu hingga mencapai 10.000 hektare.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang, Suratmin mengatakan, unsur utama yang harus dipenuhi terkait rencana pendirian pabrik gula di Rembang adalah luasan lahan tebu.

“Pasalnya pabrik gula harus berkesinambungan dalam berproduksi. Saat ini total areal tebu aktif mencapai 7 ribu hektar, dengan produktivitas per hektar antara 40-50 ton. Sementara untuk memenuhi kebutuhan bahan baku saat pabrik gula nanti bediri, minimal harus tersedia 10 ribu hektare,” katanya, pekan lalu.

Oleh karena itu, lanjut Suratmin, pihaknya tengah berusaha melakukan ekstensifikasi dengan menambah areal tebu untuk memenuhi standar kebutuhan investor pabrik gula.

“Saat ini ada sekitar 8 ribu hektare lahan pasif di seluruh wilayah Kabupaten Rembang yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatan jumlah lahan tebu. Dengan bertambahnya areal lahan, investor tidak akan khawatir kekurangan bahan baku,” tambahnya.

Menurut Suratmin, jrencana pendirian pabrik gula di Rembang dialkukan oleh PT Industri Gula Nusantara (IGN). Saat ini pihak investor tengah melakukan pembicaraan serius dengan pemkab setempat terait rencana tersebut.

Untuk merangsang para petani tebu agar menambah areal lahannya, pihaknya juga tengah meyiapkan rencana study banding dengan melibatkan petani tebu ke Blitar, Jawa Timur, untuk melihat secara langsung lahan tebu percontohan milik PT IGN sekaligus memgenalkan varietas tebu unggul yang tengah dikembangkan pihak IGN.

Ditambahkan, pabrik gula baru yang akan didirikan di Rembang berkapasitas 5 ribu tcd (ton crush day) atau sejumlah 5 ribu ton per hari.

“Ini akan membawa dampak positif bagi petani tebu sekaligus mampu menyerap tenaga kerja hingga ribuan orang,” pungkasnya. (Rom)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s