RBM Lakukan Monev

Kelompok Kerja Ruang Belajar Masyarakat (Pokja RBM) Kabupaten Rembang melakukan monitorong, evaluasi  (monev) dan penilaian kepada pelaku PNPM di 13 Kecamatan.

Menurut Sutarwi, Ketua Pokja RBM Kabupaten Rembang, kegiatan tersebut bertujuan untuk memotivasi kinerja para pelaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) di Kabupaten Rembang sekaligus untuk mengintventarisir permasalahan yang dihadapi mereka di lapangan.

“Ini merupakan salah satu upaya Pokja RBM untuk peningkatan kualitas dan kapasitas pelaku PNPM di lapangan. Untuk itu, kami  memberikan reward kepada yang terbaik dan akan melakukan pembinaan kepada yang masih kurang optimal,” katanya, Jumat (16/3).

Ia menambahkan, kegiatan monev dan penialian dilakukan selama dua hari pada Rabu hingga Kamis (14-15/3) dengan melibatkan fasilitator PNPM tingkat kabupaten dan satuan kerja pengampu PNPM.

“Kami telah menerjunkan tiga tim. Masing-masing tim terdiri dari lima orang. Mereka secara maraton melakukan monev dan penilain ke kecamatan-kecamatan sesuai dengan wilayah penugasan dimana setiap kelompok minimal menilai empat kecamatan,” katanya.

Namun untuk saat ini, tambahnya lagi, kegiatan monev difokuskan pada peran Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Badan Pengawas (BP) dan Tim Verifikasi pada masing-masing UPK (Unit Pengelola Kegiatan) di kecamatan.

“Ketiga lembaga ini mempunyai peran sentral dalam pelaksananan PNPM di lapangan. Diharapkan monev dan penilaian ini akan lebih memberdayakan peran mereka sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing sehingga perjalanan UPK ke depan akan lebih optimal dalam pengelolaannya,” tambahnya.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Rembang, Slamet Haryanto mengatakan, kegiatan monev dan penilaian merupakan komitmen dari Pokja RBM Kabupaten Rembang untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pelaku PNPM.

“Monitoring, evaluasi dan penialain merupakan upaya untuk peningkatan kinerja para pelaku PNPM di lapangan sehingga tujuaan program dapat segera tercapai,” katanya. (Rom)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s