Persiapan pelaksanakan e-KTP Dikebut

Sejumlah persiapan terkait pelaksanakan program kartu tanpa penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Rembang yang dijadwlakan mulai dilaunching pada minggu ke dua bulan April terus dilakukan. Sejumlah peralatan penunjang telah dikirim oleh pemerintah pusat ke kecamatan-kecamatan untuk segera dilakukan pemasangan.

“Sejumlah peralatan penunjang telah diterima oleh pihak kecamatan. Dipastikan sebelum April, semua peralatan sudah terpasang dan siap dioperasikan karena pada minggu ke dua bulan April program e-KTP akan kita laksanakan,” kata Drs Sodiq, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Rembang, Kamis (8/3), di ruang kerjanya.

Ia mengaku, beberapa kendala yang dihadapi antara lain droping peralatan ke masing-masing kecamatan yang tidak serentak.

“Akibatnya, pemasangan peralatan pun juga tidak bisa serentak sehingga berdampak pada kesiapan sistim operasi,” tambahnya.

Meski demikian, ia optimis sebelum April semua kesiapan peralatan yang dipergunakan untuk pelaksanaan program e-KTP semua sudah beres.

“Rentan waktu sebulan ini, semua persiapan akan difinalkan sehingga April semua sudah siap. Saat ini pihak kecamatan tengah melakukan ceking peralatan yang telah dikirim. Sejauh ini belum ada laporan kekurangan kelengkapan terkait alat yang telah diterima,” tegasnya.

Ia menambahkan, kendala lain yang dihadapinya adalah minimnya jumlah peralatan yang diterima kecamatan untuk pembuatan e-KTP.

“Setiap kecamatan hanya mendapatkan 2 set peralatan untuk pembuatan e-KTP. Padahal, untuk wajib KTP yang jumlahnya lebih dari 30.000 jiwa idealnya harus tersedia minimal 3 set peralatan agar proses entrinya  cepat,” terangnya.

Ditambahkannya, pada pertengahan Maret ini pihaknya juga menjadwalkan pelatihan bagi petugas operator kecamatan.

“Masing-masing kecamatan diwakili 2 orang petugas. Mereka akan dibekali ilmu terkait pengoperasian alat untuk e-KTP sehingga pada saatnya nanti, semua npetugas di kecamatan trelah siap melakukannya,” tegasnya.

Agar pelaksanaan e-KTP di Kabupoaten Rembang tidak molor dari jadwal yang ada, tambahnya, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk kesiapan segala sesuatunya.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat. Diharapkan sebelum April semua perangkat penunjang sudah bisa diuji cobakan,” jelasnya. (Tarom)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s