Puluhan Hektar Lahan Kritis Akan Dikonservasi

Prihatin dengan banyaknya lahan kritis yang terbengkalai, Pemerintah Desa (Pemdes) Sendangwaru, Kecamatan Kragan, bekerja sama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) kecamatan setempat berinisiatif melakukan penghijauan dan korservasi lahan kritis di daerahnya.

Kepala Desa Sendangwaru Khomariah mengatakan,  sedikitnya terdapat lahan kritis seluas 40 hektar di daerahnya. “Rencananya lahan kritis yang saat ini masih belum termanfaatkan akan ditanami pohon penghijauan Nangka dan Sengon. Sambil menunggu musim penghujan, kita tengah menyiapkan pembenihannya,” katanya, pekan lalu.

Kordinator BPP Kecamatan Kragan Dede Iskandar mengatakan, pihaknya  menyambut baik rencana konservasi yang akan dilakukan oleh Pemdes Sendangwaru. “Kita sangat mendukung program tersebut. Kami telah memberikan bimbingan teknis kepada warga terkait penyiapan benih, sekaligus menyediakan sedikitnya 50.000 tanaman Sengon,” katanya.

Program penghijauan dan konservasi akan dilakukan pada awal 2012. “Dengan penanaman pohon penghijauan pada lahan kritis diharapkan kelestariaan alam di Sendangwaru dapat terjaga, sekaligus warga dapat  membudidayakan tanaman produktif dengan memanfaatkan lahan tidur,” pungkas Dede. (Rom)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s