Tangkapan Along, TPI Tasikagung Berlakukan Antre

Setelah hampir satu bulan lamanya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tasikagung, Rembang, sepi aktifitas lelang, sepekan terakhir kondisi TPI Tasikagung tampak bergairah. Aktifitas lelang di tempat tersebut terlihat sangat meriah.

Suara pemandu lelang gegap gempita dari corong “genthoro” yang menyelinap diantara telunjuk jari peserta lelang dan aktifitas kuli bongkar muat nelayan. Kapal yang merapat di dermaga terlihat antri menunggu giliran bongkar muatan hasil tangkapan untuk mengkiuti pelelangan.

Seperti yang terlihat pada Minggu (2/10) pagi, suasana lelang di TPI Tasikagung Rembang yang bilasa berakhir sekitar pukul 10.00 WIB, ditutup lewat pukul 12.00 Wib. Itupun belum semua hasil tangkapan ikan dapat dilelangkan karena banyak kapal yang datang menjelang transaksi lelang ditutup.

Hasan, nahkoda KM Putra asal Kecamatan Kragan mengatakan, tangkapan ikan yang diperoleh nelayan kapal cantrang saat ini sangat melimpah sehingga lelang di TPI sangat ramai. Akibatnya, kapal pun harus antre untuk bisa melelangkan hasil tangkapan.

“Saat ini hasil tangkapan sangat banyak. Perairan Rembang  sedang musim ikan Banyar dan Layang. Selama tiga hari melaut hasil tangkapan mencapai 100 basket dan dari hasil lelang diterima uang Rp 45 juta,” kata nahkoda kapal cantrang yang berawak delapan orang tersebut.

Sementara Maulana, nahkoda KM Jati Kembar asal Kragan, mengatakan, dengan jenis kapal gardan yang berawak dua belas orang, Ia dan segenap anak buah kapal (ABK) mencari ikan selama sepekan di perairan Kalimantan.

” Hasilnya, diperoleh hasil tangkapan sebanyak 250 basket. Dengan jumlah tangkapan sebanyak itu, diperoleh uang hingga Rp 250 juta. Ini sebuah hasil yang sangat menggembirakan bagi nelayan,” katanya.

Walau aktifitas lelang telah ditutup, TPI Tasikagung masih sagat ramai, khususnya di bagian loket. Pedagang ikan membayar tunai sejumlah dagangan ikan yang dibeli. Sementara  perwakilan kapal mencairkan uang hasil tangkapan yang laku dilelang.

Melimpahnya tangkapan ikan belakangan ini, membuat para nelayan Rembang sangat bersemangat untuk melaut. Imbasnya, TPI Tasikagung sebagai sentra pelelangan hasil tangkapan pun menjadi lebih bergairah. Kondisi tersebut sangat membantu perekonomian para nelayan yang sempat terpuruk lantaran minimnya tangkapan ikan yang terjadi sebulan lalu. (Rom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s