Berkat Pamsimas, Warga Jeruk Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Kemarau identik dengan krisis air. Di saat sebagian warga di kabupaten ini kesulitan mendapatkan air bersih, Warga Desa Jeruk, Kecamatan Pancur tidak lagi dipusingkan urusan itu. Pasalnya, berkat keberhasilan program penyediaaan air bersih sanitasi berbasis masyarakat ( Pamsimas ), warga Desa Jeruk dua tahun belakangan sudah tercukupi kebutuhan air bersihnya.

Kepala Desa Jeruk, Juweni, mengatakan, sejak adanya program Pamsimas pada tahun 2009 lalu, warganya sudah tidak lagi merasa kesulitan memperoleh air bersih.

“Sebelumnya, saat kemarau tiba, warga Jeruk hampir setiap hari selalu mencari air bersih di desa tetangga. Setelah program Pamsimas berhasil dilaksanakan, kebutuhan air bersih warganya tercukupi dengan baik sehingga tidak lagi nitik (mencari air-red) di desa sebelah,” katanya, pekan lalu.

Juweni menambahkan, pada tahun 2009, Desa Jeruk mendapatkan kucuran dana dari program Pamsimas sebesar 275 juta rupiah. Oleh pemerintah setempat, dana yang ada ditambah swadaya dari warga sebesar 11 juta rupiah, dipergunakan untuk membangun bak penampung air bersih berikut instalasi jaringan ke rumah warga.

“Karena setiap kemarau warga Jeruk selalu kesulitan mendapatkan air bersih, dana tersebut kemudian dialokasikan untuk membangun tower bak penampung beserta jaringan instalasi, 1 unit MCK dan 7 unit wastafel SDN Jeruk. Dan hasilnya, dua tahun belakangan warga tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih karena telah tercukupi,” tambahnya.

Juweni manambahkan, pelaksanaan pengelolaan Pamsimas di tangani oleh pihak desa dengan cara menarik iuran dari warga per kubik Rp1000.

 

“Saat ini sudah ada 100 warga yang memanfaatkan program sambungan air bersih ke rumah warga dengan cara pipanisasi dengan menggunakan meteran. Langkah tersebut sangat efektif untuk kenyamanan warga dalam mendapatkan air bersih,” pungkasnya. (Rom)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s