Manfaatkan Libur Sekolah, Pelajar dan Pramuka Sarang Bakti sosial Benahi Talud Ambrol

Sarang – Memanfaatkan libur sekolah, pelajar SMA dari berbagai sekolah dan anggota pramuka di Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jateng menggelar bakti sosial di desa Nglojo, Kecamatan Sarang, Minggu (19/12). Mereka bersama-sama dengan warga memperbaiki talud tebing jalan yang ambrol.

Sudah hampir sebulan, tebing jalan antar kecamatan di desa Nglojo longsor tergerus air hujan. Karena lambannya penanganan dari pihak terkait, longsoran tersebut semakin melebar hingga mengikis hampir separuh bodi jalan. Terang saja kondisi tersebut sangat membahayakan pengguna jalan, khususnya pada malam hari.

Beberapa hari terakhir, kerap terjadi kecelakaan yang menimpa pengendara sepeda onthel maupun motor di jalur tersebut. Hal itu disebabkan kian menyempitnya ruas jalan yang tersisa karena terkikis longsor.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa namun tak sedikit korban yang mengalami luka berat. Untuk menghindari korban lebih banyak lagi, para pelajar SMA dan anggota pramuka Saka Wirakartika Koramil 14 Sarang terpanggil untuk memperbaiki talud dan badan jalan yang ambrol tersebut.

Arifin (30), Instruktur Saka Wirakartika disela-sela kegiatan menuturkan, mereka bergotong-royong melakukan perbaikan didasari rasa prihatin terhadap kesulitan warga dan anak-anak sekolah yang hendak melintas di jalur tersebut.

“Agar tak kembali terjadi musibah, para pelajar dan pramuka terpanggil untuk melakukan upaya perbaikan sementara dengan cara menebing jalan yang longsor,” ungkapnya.

Menurut Arifin, pekerjaan yang dimulai sejak Minggu pagi diperkirakan selesai dua hari. Sedangkan sumber dana yang digunakan berasal dari sumbangan sukarela warga dan sumbangan kepala desa setempat.

Camat Sarang Akhsanudin mengaku pihaknya telah mengajukan perbaikan ke dinas terkait. Namun hingga saat ini  belum juga ada tanggapan.

Dengan adanya bhakti sosial yang dilakukan pelajar SMA dan anggota pramuka Saka Wirakartika, Akhsanudin mengaku bangga dan salut atas apa yang telah mereka perbuat.

“Ini sangat patut untuk ditiru oleh segenap masyarakat. Kami salut dengan mereka dan kami akan terus gigih memperjuangkan agar Pemkab segera turun tangan,” ucapnya. (Akhmad M)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s