Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Sekitar DAS Dihimbau Waspada

Rembang – Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, Kabupaten Rembang dalam sepekan ini diperkirakan akan mengalami curah hujan dengan intensitas tinggi mencapai kisaran angka 5 hingga 20 mm per jam. Demikian disampaikan Suharso, Kepala Kantor Kesbangpolinmas Rembang, beberapa waktu lalu.

Karenanya, Suharso mengingatkan kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) untuk mewaspadai kemungkinan banjir.

“Berdasarkan prakiraan BMKG, dipredikdi curah hujan di Rembang akan mengalami peningkatan dengan intensitas tinggi. Oleh karena itu, kami menghgimbau agar masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan datangnya banjir terutama bagi yang berada di daerah aliran sungai yang selama ini menjadi langganan banjir,”

Suharso menerangkan, beberapa daerah di Kabupaten Rembang selama ini memang kerap menjadi langganan banjir. Hal tersebut disebabkan karena jarak pemukiman penduduk yang memang sangat dekat dengan daerah aliran sungai.

Titik-titik rawan tersebut diantaranya, daerah hilir sungai di wilayah Kecamatan Sumber dan Kecamatan Kaliori meliputi Desa Kuangsan, Pengkol, Babatan, dan Sekarsari. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Pamotan daerah langganan banjir meliputi Desa Pamotan, Ringin dan Sidorejo.

“Kami akan terus menginformasikan perkembangan prakiraan cuaca ke daerah-daerah terutama kawasan rawan bencana melalui kantor kecamatan setempat. Hal ini sebagai langkah antisipatif agar masyarakat dapat selalau waspada dan tanggap dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi,” tambahnya. (Rom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s