Hujan Lebat, Tujuh Rumah Di Korowelang Tergenang Banjir

Rembang – Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Sulang, Rembang, Jawa Tengah, Kamis sore hingga malam (21/10) mengakibatkan banjir di Desa Korowelang. Tujuh rumah warga tergenang banjir setinggi lutut orang dewasa  akibat luapan Bendungan Sungai Pomahan yang tak mampu menampung air hujan.

Beruntung, kejadian tersebut tak menelan korban jiwa. Meski demikian, akibat kejadian tersebut, sedikitnya lima hektar areal pertanian yang sudah ditanami warga, menjadi hancur berantakan.

Menurut Muridan, Kepala Desa Korowelang, banjir disebabkan hujan deras yang mengguyur  desanya selama kurang lebih empat jama sejak pukul 14.40 WIB hingga Pukul 19.20 WIB. Akibat banjir tersebut, sedikitnya lima ribu batang tanaman melon dan polowijo lainnya tak bias diselamatkan. Akibatnya,  warga mengalami kerugian hingga mencapai puluhan juta rupiah.

“Tidak ada korban jiwa dalam banjir ini. Hanya saja, tanaman pertanian banyak yang menjadi korban. Beruntung, banjir segera surut dan tidak ada hujan susulan,” terangnya.

Tuju rumah yang tergenang banjir tersebut adalah rumah milik Sukini, Sholeh, Muji, Kholiq, Musyafak, Dzakir dan Muridan, Kepala Desa Korowelang.

Selain menggenangi tuju rumah warga, banjir juga menggenangi satu pabrik gula tumbu milik warga yang letaknya berada hanya beberapa meter dari aliran sungai. Beruntung, Puluhan ton gula tumbu yang sudah siap jual dapat diselamatkan.

Terpisah, Camat Sulang Sukis Sutarto mengaku saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Pemkab Rembang untuk mengupayakan bantuan atas musibah banjir tersebut. “Kami sedang koordinasikan dengan Pemkab agar warga segera mendapatkan bantuan dari pemerintah,” terangnya di sela-sela acara pemberangkatan jamaah haji asal Kecamatan Sulang di Pendodopo kantor kecamatan Sulang, Jum’at pagi (22/10).

Sukis juga menghimbau kepada semua warga, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap datangnya bencana alam terutama bencana banjir dan puting beliung. Hal tersebut menyusul terjadinya perubahan cuaca secara ekstrim di wilayah Kecamatan Sulang  sejak sebulan terakhir.

Sebelumnya, banjir banding besar juga pernah terjadi di Desa Korowelang Kecamatan Sulang pada tahun 2000. (Rom)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s