Rusak Berat, Jalur Sulang-Sumber Terancam Putus

REMBANGJalan kabupaten yang menghubungkan antara Sulang-Sumber, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, terancam putus. Kerusakan parah terjadi di dua titik, tepatnya di Desa Pelemsari, Kecamatan Sumber dan Desa Waru Gunung, Kecamatan Bulu.

Jalan berlapis hotmix yang dikerjakan pada tahun 2007 tersebut ambles sepanjang 10 meter di blok Desa Pelemsari. Menurut warga sekitar, amblesnya jalan terjadi pada Jumat malam (22/10).

Tanggul jalan yang longsor terkikis air sungai dan hujan lebat dalam beberapa hari terakhir, diduga sebagai penyebab utama amblesnya jalan tersebut. Sayangnya, hingga Kamis siang (28/10), di lokasi tersebut belum dipasang rambu-rambu petunjuk. Hal tersebut tentu sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan terutama pada malam hari.

Beberapa warga di sekitar lokasi menuturkan, akibat belum adanya rambu peringatan, beberapa kali terjadi peristiwa laka lantas menimpa kendaraan roda dua di jalur tersebut.

“Sejak ambles, beberapa kali motor terjungkal di sini. Jika ini dibiarkan, tentu akan membahayakan keselamatan pengguna jalan. Kami berharap pihak berwenang segera melakukan perbaikan dan utamanaya pemasangan rambu peringatan,” ungkap Agus, salah satu warga.

Plt Camat Sumber, Sukandar menyatakan, pihaknya sudah melaporkan kondisi jalan tersebut ke DPUK Kabupaten Rembang. Pihaknya berharap agar DPUK secepatnya melakukan langkah-langkah konkrit untuk perbaikan.

Ia khawatir, jika tak segera ditangani, kerusakan akan semakin parah. Apalagi curah hujan saat ini masih tinggi. ”Kami mengharapkan DPUK segera memperbaiki jalan tersebut agar kerusakan tak lebih parah lagi,” ujar Sukandar.

Selain di Desa Pelemsari, kerusakan parah lainnya terjadi di jalur blok Desa Waru Gunung, Kecamatan Bulu. Sepanjang kurang lebih sepuluh meter, bodi jalan sudah hancur dan berubah menjadi kubangan.

Hal tersebut disebabkan banyaknya angkutan truk tebu yang hilir mudik melintasi jalur tersebut. Selain itu, tak tersedianya drainase yang baik sehingga air hujan meluber ke jalan juga menjadi faktor pendukung parahnya kerusakan jalan hotmix di blok Waru Gunung.

Beberapa kali truk yang mengangkut tebu terguling disana. Meski sudah sering terjadi kecelakaan, pihak terkait sepertinya acuh dengan kejadian tersebut.

Jika dua titik kerusakan tersebut tak segera ditanganai, dipastikan jalan penghubung antara Kecamatan Sulang-Sumber akan benar-benar terputus. “Kami menyesalkan pihak terkait yang sepertinya tidak peduli dengan kerusakan tersebut,” ungkap Redi, Salah seorang warga Waru Gunung. (Rom)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s