KPH Mantingan Sikat Sindikat Illegal Logging

Upaya Perum Perhutani KPH mantingan untuk mengamankan aset hutan terus dikencangkan.jati-curi Perang terhadap segala bentuk illegal logging menjadi prioritas utama. Menggunting mata rantai tindak kejahatan pencurian kayu hutan diintensifkan melalui patroli pengamanan hutan.

Bersama dengan elemen terkait, Perhutani KPH Mantingan dua bulan terakhir berhasil menggagalkan beberapa kasus tindak pencurian kayu hutan di tiga titik rawan di wilayah kerja KPH Mantingan. Tiga titik rawan yang sering terjadi kasus pencurian kayu hutan tersebut meliputi BKPH Sudo, BKPH Medang dan BKPH Kebon.

Ditengarai, para pelaku tindak kejahatan tersebut merupakan sindikat pencurian kayu hutan yang telah lama beroperasi di wilayah Kabupaten Rembang. Akibat pencurian kayu hutan yang sering terjadi selama ini, Perum perhutani KPH Mantingan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

“Kami akan berusaha sekuat tenaga membongkar semua tindak kejahatan illegal logging di KPH Mantingan. Saat ini, kasus pencurian kayu rimba yang sedang kami kuak, semua barang buktinya telah diamankan di Polres Rembang dan Polres Blora, sesuai daerah penangkapan. Dari sana, kita akan bongkar mata rantai sindikat pencurian kayu hutan yang cukup meresahkan,” ujar Ir Djoko Purnomo, Kepala Perhutani KPH Mantingan.

Dari hasil olah perkara, para pelaku pencurian tersebut besar kemungkinan adalah sindikat pencurian kayu lintas KPH yang biasa beroperasi di rayon empat, meliputi KPH Mantingan, Kebonharjo, Blora, Cepu dan Randublatung.

“Tiada ampun bagi para pelaku illegal Logging. Kami akan bongkar sindikat pencuri kayu hutan. Mereka akan terus kami endus keberadaanya hingga semua pelaku dapat dijerat hukuman sesuai ketentuan hukum yang berlaku, karena telah melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara yang tidak sedikit,” imbuhnya.

Untuk memuluskan usaha menggunting mata rantai sindikat pencurian kayu rimba, Perum perhutani KPH Mantingan bersama elemen terkait terus melakukan langkah-langkah pencegahan secara terkoordinir dan terencana yang dilaksanakan secara intensif dan berkesinambungan.

Satu respons untuk “KPH Mantingan Sikat Sindikat Illegal Logging

  1. wanabuana berkata:

    masih seperti tahun 1999, penjarahan kayu jati begitu marak……..
    pak petugas yang tegas dong….

Tinggalkan komentar